BERKARYA SENI POSTER

 

BERKARYA SENI POSTER

 

Poster merupakan karya seni  rupa dua dimensi yang berfungsi sebagai seni teapan. Poster  termasuk ke dalam seni reklame, oleh sebab itu sebelum membahas tentang langkah-langkah membuat karya seni poster maka akan dibahas terlebih dahulu apa itu seni reklame.

SENI REKLAME

A.    Pengertian

Reklame yaitu media atau alat yang digunakan untuk menyampaikan sebuah  informasi yang sifatnya menawarkan, menginformasikan, memperkenalkan suatu peristiwa, produk dan jasa kepada khalayak umum dengan menggunakan gambar dan kata-kata menarik.

B.     Fungsi Reklame

 

1.      Memberikan informasi kepada khalayak

2.      Memberikan pengaruh atau mengajak masyarakat

3.      Membangun dan menciptakan kesan baik mengenai informasi produk dan jasa

4.      Menjadi media dan alat komunikasi

 

C.    Ciri-Ciri Reklame

 

1.      Mencolok, bisa karena bentuk, warna atau tulisan yang mencolok agar menarik minat masyarakat yang melihat

2.      Singkat, jelas, mudah dimengerti, karena reklame biasanya di pasang di tempat yang  rame dan orang melihatnya sambil lalu maka reklame harus dibuat dengan pilihan kalimat yang singkat dan jelas sehingga mudah ditangkap dan dimengerti

3.      Menarik, bisa dari bentuk, warna maupun ukuran.

4.      Jujur, pesan yang disampaikan harus jujur dan tidak boleh menggunakan kalimat yang bias apalagi menyesatkan

5.      Dilakukan berulang-ulang, bisa dibuat dalam jumlah yang banyak, dipasang di tempat yang strategis sehingga dapat dilihat oleh banyak orang dan dilihat berkali-kali sehingga reklame harus awet sifatnya.

 

D.    Jenis-jenis Reklanme

 

1.      Berdasarkan tujuan pengadaan

a.       Komersil, untuk tujuan perniagaan dengan mempromosikan produk-ptoduk tertentu misalnya iklan sabun mandi

b.      Non komersil, tidak untuk promosi niaga tapi lebih bersifat informasi sosial misalnya informasi tentang kovid-19, layanan kesehatan, layanan lalu lintas

2.      Berdasarkan sifatnya

a.       Peringatan, reklame yang isinya tentang peringatan terhadap suatu persitiwa yang harus dihindari misalnya reklame anti narkoba, reklame bahaya tanah longsor

b.      Penerangan, reklame yang isinya tentang informasi yang bermanfaat bagi khalayak menjelaskan atau menginformasikan kegiatan penting seperti penerangan tentang gizi yang seimbang, keluarga berencana, sensus penduduk

c.       Ajakan/permintaan, reklame yang isinya tentang ajakan untuk bersama-sama mensukseskan sebuah peristiwa. Misalnya ajakan untuk menghadiri kampanye lingkungan, jangan buang sampah sembarangan dll

3.      Berdasarkan tempat pemasangannya

1.      Indoor, pemasangan indoor berarti di dalam ruangan, misalnya di papan mading kampus, stadion, rumah sakit

2.      Outdoor, pemasangan di luar ruangan misalnya di pinggir jalan raya, di halaman gedung-gedung pemerintah atau halaman perkantoran.

 

E.     Prinsip Membuat Reklame

 

1.      Komunikatif, artinya pesan yang disampaikan mudah diterima oleh khalayak

2.      Komposisi, penataan unsur-unsur yanga ada dalam gambar reklame harus disusun  dengan serasi baik huruf, warna, ukuran dll

3.      Kesatuan artinya di antara unsur-unsur yang ada harus mencerminkan satu kesatuan yang utuh berdasarkan komposisi yang serasi

4.      Pusat perhatian, reklame harus dibuat menarik, mencolok mudah dilihat dan dipahami.

5.      Huruf reklame, huruf dalam reklame harus mudah dibaca karena biasanya reklame di lihat sambil lalu dalam perjlanan, tagline nya mudah diingat agar mampu mensugesti khalayak. Oleh karena itu pilihlah jenis huruf yang menarik dan mudah dikenali menjadi sangat penting.

 

F.     Macam-Macam Reklame

 

1.      Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual pada media cetak maupun elektronik. Contoh iklan baris di surat kabar.

2.      Baliho, jenis reklame yang berisi gambar dan tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar dipasang ditempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen

3.      Banner adalah reklame dengan bentuk kotak atau potrait biasanya dicetak dengan digital printing dipajang didepan toko atau instsansi menggunalan penyangga

4.      Spanduk adalah reklame yang memuat informasi komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara 2 tiang ditempat strategis dan ramai. Dengan ukuran kurang lebih 1 x 4 m

5.      Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan dipasang  dengan cara ditempel  ditempat umum yang strategis

6.      Brosur adalah reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan di pahami khalayak

7.      Embalase yaitu jenis reklame yang ditempelkan langsung pada kemasan produk berfungsi sebagai daya tarik,pemberitahuan informasi  tentang produk tersebut.

8.      Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar dipasang pada atap dinding pertokoan atau di jalan raya.

 

( masih banyak contoh reklame silahkan lengkapi, leaflet, etiket, LED billboard, billboard mobile, neonbox dll )

 

POSTER

A.    Pengertian

Poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Poster biasanya dipasang di tempat keramaian dan strategis seperti sekolah, perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster sifatnya mengajak.

 

B.     Fungsi Poster Berdasarkan Kebutuhan

 

1.      Poster propaganda, yaitu poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintah berwenang. Pada masa penjajahan jenis poster ini digunakan untuk meningkatkan semangat juang rakyat. Namun pada masa sekarang poster propaganda dikategorikan  anti atau bertentangan.

2.      Poster hiburan/pertunjukan/film, yaitu poster yang digunakan untuk mempromosikan dan mempublikasikan  pertunjukan seni dan film

3.      Poster kegiatan ilmiah/riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset sehingga dapat menarik minat para akademisi untuk datang dan meramaikan kegiatan tersebut.

4.      Poster  penerangan yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakt misalnya poster tentang keluaga berencana.

5.      Poster pendidikan, yatu poster yang berisi tentang program-program pendidikan, tentang informasi perguruan tinggi atau sekolah.

6.      Poster niaga/komersial yaitu poster untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.

7.      Poster kampanye, poster yang digunakan untuk memberi informasi tentang peristiwa pemilu, partai politik, calon legistaif dll untuk menarik para konstituen

8.      Poster cheesecake adalahsebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik misalnya ajakan menjadi penyanyi, artis, model dll

9.      Poster wanted, merupakan jenis  poster memuat informasi penjahat yang tengah menjadi buronan, mencari orang hilang bahkan mengenai lowongan pekerjaan

10.  Poster afirmasi yaitu poster yang bertujuan memberikan motivasi kepada yang membaca misalnya tentang kepemimimpinan

 

C.    Ciri-ciri poster

 

1.      Poster harus didisain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas, kain,triplek) berukuran cukup besar atau ukuran poster.

2.      Dipasangkan dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata seperti dinding atau papan di tempat-tempat keramaian agar dapat menarik perhatian banyak orang.

3.      Di buat dengan menggunakan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang berani

4.      Bahasa yang digunakan singkat, padat, jelas dan harus ,mudah dipahami

5.      Dfiberi gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan

6.      Harus dapat di baca sambil lalu, namun meninggalkan kesan yang mendalam

 

D.    Langkah-Langkah Membuat Poster

 

1.      Menentukan tujuan, ide gagasan dan tema

2.      Menetapkan amanat dan pesan yang  akan disampaikan

3.      Menyiapkan kertas gambar, cat poster atau cat air, pensil dan peralatan melukis lainnya atau Membuat poster dengan memanfaatkan media yang terbaik sesuai kebutuhan seperti kertas, kain, mika, plastic, triplek dll

4.      Membuat disain atau rancangan poster yang akan di buat

5.      Membuat sketsa ilustrasi dan teks isi dengan pinsil sesuai dengan disain

6.      Memberi warna, setelah melalui proses sketsa maka tahap berikutnya poster diberi warna. Karena sifatnya informatif maka pilihan warna harus yg cerah dan mencolok.

7.      Merangkai kalimat dan kata-kata slogan yang menarik, singkat, jelas, padat dan mudah dipahami oleh semua orang

8.      Menyusun kalimat dengan bahasa yang mengajak atau persuasif sehingga memiliki daya sugesti dan bujukan yang bisa mempengaruhi masyarakat

9.      Menggunakan ilustrasi gambar dan latar belakang yang menarik disertai warna-warna yang cerah dan variatif  sesuai komposisi yang pas dengan tema poster agar mengundang mata

 

E.     TANTANGAN

Buatlah karya seni rupa dua dimensi terapan berupa POSTER  dengan ketentuan

1.      Tema kisah seputar  covid-19, ide diutamakan yg original

2.      Terapkanlah unsur, teknik dan prinsip komposisi seperti yang sudah diajarkan pada materi sebelumnya

3.      Gunakan alat dan bahan yang mudah dikuasai, misal: kertas gambar, pensil warna, krayon

4.      Boleh mengembangkan dengan berbagai kreativitas pada media, alat dan bahan  dan teknik , bentuk , misal kertas diganti dengan kain, keramik, plastik, banner, catnya dari arang dan bahan alami, atau dengan bahan kimia tertentu yg tidak berbahaya untuk mendapatkan efek spotlight dll,

5.      Boleh hitam putih

6.      DIBUAT SECARA MANUAL

7.      Lakukan sesuai proses dan langkah2 yang suDah disampaikan sebelumnya.

8.      Jika sudah selesai, hasil karya di photo lengkapi dengan caption identas dan dikirim ke ketua kelas untuk di arsipkan. Paling lambat tanggal 20 Nopember 2020.

9.      Oleh ketua kelas photo hasil karya POSTER di print out dan akan dibukukan, photo  KARYA POSTER juga akan di share di IG grup kelas untuk pameran digital.

10.  Caption meliputi:

a.       Judul

b.      Deskripsi isinya tentang ide garap, alat dan bahan, teknik serta hal2 yang   diunggulkan, dituliskan dengan naratif.

c.       Tuliskan identitas lengkap, nama, kelas,nomor urut.

 Berikut  contoh poster, hasil karya Peserta didik MAN 2 Kota Bogor :



Contoh Reklame : 





BAHAN AJAR UNTUK DIPERGUNAKAN

DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BOGOR

PENYUSUN

1.      SUHARTINI, M.Sn.

2.      M. HILMAN SULAEMAN, S.Pd.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer