BERKARYA SENI POSTER
BERKARYA SENI POSTER
Poster
merupakan karya seni rupa dua dimensi
yang berfungsi sebagai seni teapan. Poster
termasuk ke dalam seni reklame, oleh sebab itu sebelum membahas tentang
langkah-langkah membuat karya seni poster maka akan dibahas terlebih dahulu apa
itu seni reklame.
SENI REKLAME
A.
Pengertian
Reklame
yaitu media atau alat yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi yang sifatnya menawarkan,
menginformasikan, memperkenalkan suatu peristiwa, produk dan jasa kepada
khalayak umum dengan menggunakan gambar dan kata-kata menarik.
B.
Fungsi Reklame
1.
Memberikan
informasi kepada khalayak
2.
Memberikan
pengaruh atau mengajak masyarakat
3.
Membangun
dan menciptakan kesan baik mengenai informasi produk dan jasa
4.
Menjadi
media dan alat komunikasi
C.
Ciri-Ciri Reklame
1.
Mencolok,
bisa karena bentuk, warna atau tulisan yang mencolok agar menarik minat
masyarakat yang melihat
2.
Singkat,
jelas, mudah dimengerti, karena reklame biasanya di pasang di tempat yang rame dan orang melihatnya sambil lalu maka
reklame harus dibuat dengan pilihan kalimat yang singkat dan jelas sehingga
mudah ditangkap dan dimengerti
3.
Menarik,
bisa dari bentuk, warna maupun ukuran.
4.
Jujur,
pesan yang disampaikan harus jujur dan tidak boleh menggunakan kalimat yang
bias apalagi menyesatkan
5.
Dilakukan
berulang-ulang, bisa dibuat dalam jumlah yang banyak, dipasang di tempat yang
strategis sehingga dapat dilihat oleh banyak orang dan dilihat berkali-kali
sehingga reklame harus awet sifatnya.
D.
Jenis-jenis Reklanme
1.
Berdasarkan
tujuan pengadaan
a.
Komersil,
untuk tujuan perniagaan dengan mempromosikan produk-ptoduk tertentu misalnya
iklan sabun mandi
b.
Non
komersil, tidak untuk promosi niaga tapi lebih bersifat informasi sosial
misalnya informasi tentang kovid-19, layanan kesehatan, layanan lalu lintas
2.
Berdasarkan
sifatnya
a.
Peringatan,
reklame yang isinya tentang peringatan terhadap suatu persitiwa yang harus
dihindari misalnya reklame anti narkoba, reklame bahaya tanah longsor
b.
Penerangan,
reklame yang isinya tentang informasi yang bermanfaat bagi khalayak menjelaskan
atau menginformasikan kegiatan penting seperti penerangan tentang gizi yang
seimbang, keluarga berencana, sensus penduduk
c.
Ajakan/permintaan,
reklame yang isinya tentang ajakan untuk bersama-sama mensukseskan sebuah
peristiwa. Misalnya ajakan untuk menghadiri kampanye lingkungan, jangan buang
sampah sembarangan dll
3.
Berdasarkan
tempat pemasangannya
1.
Indoor,
pemasangan indoor berarti di dalam ruangan, misalnya di papan mading kampus,
stadion, rumah sakit
2.
Outdoor,
pemasangan di luar ruangan misalnya di pinggir jalan raya, di halaman
gedung-gedung pemerintah atau halaman perkantoran.
E.
Prinsip Membuat Reklame
1.
Komunikatif,
artinya pesan yang disampaikan mudah diterima oleh khalayak
2.
Komposisi,
penataan unsur-unsur yanga ada dalam gambar reklame harus disusun dengan serasi baik huruf, warna, ukuran dll
3.
Kesatuan
artinya di antara unsur-unsur yang ada harus mencerminkan satu kesatuan yang
utuh berdasarkan komposisi yang serasi
4.
Pusat
perhatian, reklame harus dibuat menarik, mencolok mudah dilihat dan dipahami.
5.
Huruf
reklame, huruf dalam reklame harus mudah dibaca karena biasanya reklame di
lihat sambil lalu dalam perjlanan, tagline nya mudah diingat agar mampu
mensugesti khalayak. Oleh karena itu pilihlah jenis huruf yang menarik dan
mudah dikenali menjadi sangat penting.
F.
Macam-Macam Reklame
1.
Iklan
adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa
dalam bentuk visual pada media cetak maupun elektronik. Contoh iklan baris di
surat kabar.
2.
Baliho,
jenis reklame yang berisi gambar dan tulisan yang menarik dan informatif dengan
ukuran besar dipasang ditempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan
kuat dan bersifat semi permanen
3.
Banner
adalah reklame dengan bentuk kotak atau potrait biasanya dicetak dengan digital
printing dipajang didepan toko atau instsansi menggunalan penyangga
4.
Spanduk
adalah reklame yang memuat informasi komersial atau non komersial yang dibuat
secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang
dibentangkan diantara 2 tiang ditempat strategis dan ramai. Dengan ukuran
kurang lebih 1 x 4 m
5.
Poster
adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan
yang dibuat semenarik mungkin dan dipasang
dengan cara ditempel ditempat
umum yang strategis
6.
Brosur
adalah reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih
rinci dan jelas disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar
dibaca dan di pahami khalayak
7.
Embalase
yaitu jenis reklame yang ditempelkan langsung pada kemasan produk berfungsi
sebagai daya tarik,pemberitahuan informasi
tentang produk tersebut.
8.
Billboard
adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif
dengan ukuran besar dipasang pada atap dinding pertokoan atau di jalan raya.
( masih banyak contoh reklame silahkan lengkapi, leaflet, etiket, LED
billboard, billboard mobile, neonbox dll )
POSTER
A.
Pengertian
Poster
adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan, gambar atau
kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak.
Poster biasanya dipasang di tempat keramaian dan strategis seperti sekolah,
perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster
sifatnya mengajak.
B.
Fungsi Poster Berdasarkan Kebutuhan
1.
Poster
propaganda, yaitu poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan
pemerintah berwenang. Pada masa penjajahan jenis poster ini digunakan untuk
meningkatkan semangat juang rakyat. Namun pada masa sekarang poster propaganda
dikategorikan anti atau bertentangan.
2.
Poster
hiburan/pertunjukan/film, yaitu poster yang digunakan untuk mempromosikan dan
mempublikasikan pertunjukan seni dan
film
3.
Poster
kegiatan ilmiah/riset yaitu poster yang bertujuan untuk menginformasikan
mengenai sebuah kegiatan riset sehingga dapat menarik minat para akademisi
untuk datang dan meramaikan kegiatan tersebut.
4.
Poster penerangan yaitu poster yang bertujuan untuk
menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakt misalnya poster
tentang keluaga berencana.
5.
Poster
pendidikan, yatu poster yang berisi tentang program-program pendidikan, tentang
informasi perguruan tinggi atau sekolah.
6.
Poster
niaga/komersial yaitu poster untuk mempromosikan suatu produk agar semakin
dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.
7.
Poster
kampanye, poster yang digunakan untuk memberi informasi tentang peristiwa
pemilu, partai politik, calon legistaif dll untuk menarik para konstituen
8.
Poster
cheesecake adalahsebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik
perhatian dan minat publik misalnya ajakan menjadi penyanyi, artis, model dll
9.
Poster
wanted,
merupakan jenis poster memuat informasi
penjahat yang tengah menjadi buronan, mencari orang hilang bahkan mengenai
lowongan pekerjaan
10. Poster afirmasi yaitu poster yang bertujuan memberikan motivasi kepada
yang membaca misalnya tentang kepemimimpinan
C.
Ciri-ciri poster
1.
Poster
harus didisain dengan komposisi huruf dan gambar di atas media datar (kertas,
kain,triplek) berukuran cukup besar atau ukuran poster.
2.
Dipasangkan
dengan cara ditempelkan di bidang dengan permukaan rata seperti dinding atau
papan di tempat-tempat keramaian agar dapat menarik perhatian banyak orang.
3.
Di
buat dengan menggunakan teknik pewarnaan yang kontras dan pemilihan warna yang
berani
4.
Bahasa
yang digunakan singkat, padat, jelas dan harus ,mudah dipahami
5.
Dfiberi
gambar agar pesan lebih mudah tersampaikan
6.
Harus
dapat di baca sambil lalu, namun meninggalkan kesan yang mendalam
D.
Langkah-Langkah Membuat Poster
1.
Menentukan
tujuan, ide gagasan dan tema
2.
Menetapkan
amanat dan pesan yang akan disampaikan
3.
Menyiapkan
kertas gambar, cat poster atau cat air, pensil dan peralatan melukis lainnya
atau Membuat poster dengan memanfaatkan media yang terbaik sesuai kebutuhan
seperti kertas, kain, mika, plastic, triplek dll
4.
Membuat
disain atau rancangan poster yang akan di buat
5.
Membuat
sketsa ilustrasi dan teks isi dengan pinsil sesuai dengan disain
6.
Memberi
warna, setelah melalui proses sketsa maka tahap berikutnya poster diberi warna.
Karena sifatnya informatif maka pilihan warna harus yg cerah dan mencolok.
7.
Merangkai
kalimat dan kata-kata slogan yang menarik, singkat, jelas, padat dan mudah
dipahami oleh semua orang
8.
Menyusun
kalimat dengan bahasa yang mengajak atau persuasif sehingga memiliki daya sugesti
dan bujukan yang bisa mempengaruhi masyarakat
9.
Menggunakan
ilustrasi gambar dan latar belakang yang menarik disertai warna-warna yang cerah
dan variatif sesuai komposisi yang pas
dengan tema poster agar mengundang mata
E.
TANTANGAN
Buatlah
karya seni rupa dua dimensi terapan berupa POSTER dengan ketentuan
1.
Tema
kisah seputar covid-19, ide diutamakan
yg original
2.
Terapkanlah
unsur, teknik dan prinsip komposisi seperti yang sudah diajarkan pada materi
sebelumnya
3.
Gunakan
alat dan bahan yang mudah dikuasai, misal: kertas gambar, pensil warna, krayon
4.
Boleh
mengembangkan dengan berbagai kreativitas pada media, alat dan bahan dan teknik , bentuk , misal kertas diganti
dengan kain, keramik, plastik, banner, catnya dari arang dan bahan alami, atau
dengan bahan kimia tertentu yg tidak berbahaya untuk mendapatkan efek spotlight
dll,
5.
Boleh
hitam putih
6.
DIBUAT
SECARA MANUAL
7.
Lakukan
sesuai proses dan langkah2 yang suDah disampaikan sebelumnya.
8.
Jika
sudah selesai, hasil karya di photo lengkapi dengan caption identas dan dikirim
ke ketua kelas untuk di arsipkan. Paling lambat tanggal 20 Nopember 2020.
9.
Oleh
ketua kelas photo hasil karya POSTER di print out dan akan dibukukan,
photo KARYA POSTER juga akan di share di
IG grup kelas untuk pameran digital.
10. Caption meliputi:
a.
Judul
b.
Deskripsi
isinya tentang ide garap, alat dan bahan, teknik serta hal2 yang diunggulkan, dituliskan dengan naratif.
c.
Tuliskan
identitas lengkap, nama, kelas,nomor urut.
Contoh Reklame :
BAHAN
AJAR UNTUK DIPERGUNAKAN
DI
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA BOGOR
PENYUSUN
1.
SUHARTINI,
M.Sn.
2.
M. HILMAN
SULAEMAN, S.Pd.
Asyiik bisa di publish nih di e-learning
BalasHapus